KAJIAN KITAB JALA-U AL-AFHAM BI SYARHI AQIDATI AL-‘AWAM

 ﷽.

KAJIAN KITAB AQIDATUL AWAM (TAUHID)

أٰمَنَ الرَّسُولُ بِمَآ أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهٖ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَآئِكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهٖ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ. لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِنْ نَسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ. (سورة البقرة : ٢٨٥-٢٨٦)

Artinya: Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Alquran) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Dan mereka berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali. Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari kebajikan yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” (QS. Al-Baqarah : 285-286)

MUQADIMAH

أَبْدَأُ بِـاسْــمِ اللهِ وَالرَّحْـــــمٰنِ ۝ وَبِالرَّحِــيْـمِ دَآئـِـــمِ اْلإِحْـــــسَانِ

Saya memulai dengan nama Alloh, Dzat yang maha pengasih, dan Maha Penyayang yang senatiasa memberikan kenikmatan tiada putusnya
فَالْحَــــمْـدُ ِللهِ الْـــــقَدِيْمِ اْلأَوَّلِ ۝ اَلآخِـــــرِ الْــــبَـاقـِيْ بِلاَ تَحَــوُّلِ
Maka segala puji bagi Alloh Yang Maha Dahulu, Yang Maha Awal, Yang Maha Akhir, Yang Maha Tetap tanpa ada perubahan
ثُمَّ الـصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ سَـــرْمَدَا ۝ عَلَى الـنَّـبِيِّ خَيْرِ مَنْ قَدْ وَحَّدَا
Kemudian, semoga sholawat dan salam senantiasa tercurahkan pada Nabi sebaik-baiknya orang yang mengEsakan Alloh
وَآلِهٖ وَصَــــحْبِهِ وَمَـنْ تَـــــبِـعْ ۝ سَبِيْلَ دِيْنِ الْحَقِّ غَيْرَ مُـبْـتَدِعْ
Dan keluarganya, para sahabatnya dan orang-orang yang mengikuti jalan agama secara benar bukan orang-orang yang berbuat bid’ah

SIFAT WAJIB, MUSTAHIL, DAN JAIZ BAGI ALLAH
وَبَعْدُ فَاعْلَمْ بِوُجُوْبِ الْمَعْـرِفَـهْ ۝ مِنْ وَاجِـبٍ ِللهِ عِشْـرِيْنَ صِـفَهْ

Dan setelahnya ketahuilah dengan yakin bahwa Alloh itu mempunyai 20 sifat wajib

فَاللهُ مَوْجُـــــوْدٌ قَــــدِيْمٌ بَاقِـي ۝ مُــخَالـِفٌ لِلْــــخَـلْقِ بِاْلإِطْلاَقِ
Alloh itu Ada, Qodim, Baqi dan berbeda dengan makhluk-Nya secara mutlak
وَقَـــــائِمٌ غَــنِيْ وَوَاحِـــدٌ وَحَيّ ۝ قَـادِرْ مُــــرِيْـدٌ عَــــالِمٌ بِكُلِّ شَيْ
Berdiri sendiri, Maha Kaya, Maha Esa, Maha Hidup, Maha Kuasa, Maha Menghendaki, Maha Mengetahui atas segala sesuatu
سَــــمِـيْعٌ اْلبَصِـيْرُ وَالْمُــــــتَكَلِّـمُ ۝ لَهٗ صِــــفَاتٌ سَــــــبْعَـةٌ تَـنْـتَظِمُ
Maha Mendengar, Maha Melihat, Maha Berbicara, Alloh mempunyai 7 sifat yang tersusun
فَقُــــدْرَةٌ إِرَادَةٌ سـَمْـعٌ بـَصَــــــرْ ۝ حَـيَـاةٌ الْعِــــــلْـمُ كَلاَمٌ اسْـتَمَرْ
yaitu Berkuasa, Menghendaki, Mendengar, Melihat, Hidup, Mempunyai Ilmu, Berbicara secara terus berlangsung

وَجَـــائـِزٌ بِـفَـــــضْـلِهٖ وَ عَـــــدْلِهٖ ۝ تَـرْكٌ لـِكُلِّ مُمْــــكِـنٍ كَفِــــــعْلِهِ

Dengan karunia dan keadilanNya, Alloh memiliki sifat boleh (wenang) yaitu boleh mengerjakan sesuatu atau meninggalkannya

SIFAT WAJIB, MUSTAHIL, DAN JAIZ BAGI RASUL

أَرْسَــــــلَ أَنْبِيَا ذَوِي فَـــطَـانَـهْ ۝ بِالصِّـدْقِ وَالتَبْـــــلِـيْغِ وَاْلأَمَــانَهْ
Alloh telah mengutus para nabi yang memiliki 4 sifat yang wajib yaitu cerdas, jujur, menyampaikan (risalah) dan dipercaya
وَجَـائِزٌ فِي حَـــــقِّهِمْ مِنْ عَرَضِ ۝ بِغَيْـرِ نَقْـصٍ كَخَـفِيْفِ الْمَرَضِ
Dan boleh didalam hak Rosul dari sifat manusia tanpa mengurangi derajatnya, misalnya sakit yang ringan
عِصْــــــمَـتُهُمْ كَــــسَائِرِ الْمَلاَئِكَهْ ۝ وَاجِــــبَـةٌ وَفَاضَــلُوا الْمَـــلاَئِكَهْ
Mereka mendapat penjagaan Alloh (dari perbuatan dosa) seperti para malaikat seluruhnya. (Penjagaan itu) wajib bahkan para Nabi lebih utama dari para malaikat
وَالْمُسْـتَحِيْلُ ضِدُّ كُلِّ وَاجِبِ ۝ فَاحْفَظْ لِخَمْسِـيْنَ بِحُكْمٍ وَاجِبِ
Dan sifat mustahil adalah lawan dari sifat yang wajib maka hafalkanlah 50 sifat itu sebagai ketentuan yang wajib

NABI DAN RASUL
تَفْصِيْلُ خَمْــسَةٍ وَعِشْـرِيْنَ لَزِمْ ۝ كُـلَّ مُـكَلَّـفٍ فَحَقِّقْ وَاغْــــــتَنِمْ
Adapun rincian nama para Rosul ada 25 itu wajib diketahui bagi setiap mukallaf, maka yakinilah dan ambilah keuntungannya
هُمْ آدَمٌ اِدْرِيْسُ نُوْحٌ هُــوْدُ مَعْ ۝ صَــــــــالِـحْ وَإِبْرَاهِـيْـمُ كُلٌّ مُـتَّبَعْ

Mereka adalah Nabi Adam, Idris, Nuh, Hud serta Sholeh, Ibrahim ( yang masing-masing diikuti berikutnya)
لُوْطٌ وَاِسْـمَاعِيْلُ اِسْحَاقُ كَذَا ۝ يَعْقُوبُ يُوسُـفُ وَأَيُّوْبُ احْتَذَى
Luth, Ismail dan Ishaq demikian pula Ya’qub, Yusuf dan Ayyub dan selanjutnya
شُعَيْبُ هَارُوْنُ وَمُوْسَى وَالْيَسَعْ ۝ ذُو الْكِـفْلِ دَاوُدُ سُلَيْمَانُ اتَّـبَعْ
Syuaib, Harun, Musa dan Alyasa’, Dzulkifli, Dawud, Sulaiman yang diikuti
إلْــــيَاسُ يُوْنُسْ زَكَــــرِيـَّا يَحْـــيَى ۝ عِيْسَـى وَطَـهَ خَـــــاتِمٌ دَعْ غَـيَّا
Ilyas, Yunus, Zakaria, Yahya, Isa dan Thaha (Muhammad) sebagai penutup, maka tinggalkanlah jalan yang menyimpang dari kebenaran
عَلَــــيْهِمُ الصَّـــــلاَةُ وَالسَّـــــلاَمُ ۝ وَآلِـــــــــــهِمْ مـَا دَامَـتِ اْلأَيـَّـامُ

Semoga sholawat dan salam terkumpulkan pada mereka dan keluarga mereka sepanjang masa

MALAIKAT

وَالْمَــــلَكُ الَّـذِيْ بِلاَ أَبٍ وَأُمْ ۝ لاَ أَكْلَ لاَ شُـرْبَ وَلاَ نَوْمَ لَــــهُمْ
Adapun para malaikat itu tetap tanpa bapak dan ibu, tidak makan dan tidak minum serta tidak tidur
تَفْـصِـيْلُ عَشْرٍ مِنْهُمُ جِــبْرِيْلُ ۝ مِـيْـكَـالُ اِسْـرَافِيْلُ عِـــــزْرَائِيْلُ
Secara terperinci mereka ada 10, yaitu Jibril, Mikail, Isrofil, dan Izroil
مُنْـــكَرْ نَكِـــيْرٌ وَرَقِيْبٌ وَكَذَا ۝ عَتِـيْدٌ مَالِكٌ ورِضْـوَانُ احْتَـذَى

Munkar, Nakiir, dan Roqiib, demikian pula ‘Atiid, Maalik, dan Ridwan dan selanjutnya

KITAB SUCI YANG DITURUNKAN

أَرْبَـعَـةٌ مِنْ كُتُبٍ تَـفْصِـــيْلُهَا ۝ تَوْارَةُ مُوْسَى بِالْـــــهُدٰى تَـنْـزِيْلُهَا
Empat dari Kitab-Kitab Suci Allah secara terperinci adalah Taurat bagi Nabi Musa diturunkan dengan membawa petunjuk
زَبُـوْرُ دَاوٗدَ وَاِنْجِـــــيْـلُ عَلىٰ ۝ عِيْـسٰى وَفُـرْقَانُ عَلَى خَيْرِ الْمَلاَ
Zabur bagi Nabi Dawud dan Injil bagi Nabi Isa dan AlQur’an bagi sebaik-baik kaum (Nabi Muhammad SAW)
وَصُحُـفُ الْخَــلِيْلِ وَالْكَلِـــيْمِ ۝ فِيْهَــــــا كَلاَمُ الْـحَــــــكَمِ الْعَلِــــيْمِ

Dan lembaran-lembaran (Shuhuf) suci yang diturunkan untuk AlKholil (Nabi Ibrohim) dan AlKaliim (Nabi Musa) mengandung Perkataan dari Yang Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui

وَكُـلُّ مَا أَتَى بِهِ الـرَّسُــوْلُ ۝ فَحَــــــــــقُّـهٗ التَّسْـلِـيْمُ وَالْقَــبُوْلُ
Dan segala apa-apa yang disampaikan oleh Rosulullah, maka kita wajib pasrah dan menerima

IMAN KEPADA HARI AKHIR
إِيْـمَـانُنَا بِـيَوْمِ آخِرٍ وَجَبْ ۝ وَكُلِّ مَـا كَانَ بِـهِ مِنَ الْعَـــجَبْ
Keimanan kita kepada Hari Akhir hukumnya wajib, dan segala perkara yang dahsyat pada Hari Akhir
خَاتِمَةٌ فِي ذِكْرِ بَاقِي الْوَاجِبِ ۝ مِمَّـا عَـلَى مُكَلَّفٍ مِنْ وَاجِبِ
Sebagai penutup untuk menerangkan ketetapan yang wajib, dari hal yang menjadi kewajiban bagi mukallaf

NABI MUHAMMAD DAN KELUARGANYA
نَبِـيُّـنَا مُحَمَّـــــدٌ قَدْ أُرْسِــلاَ ۝ لِلْـــــعَالَمِـيْـنَ رَحْــــــمَةً وَفُضِّلاَ
Nabi kita Muhammad telah diutus untuk seluruh alam sebagai Rahmat dan keutamaan diberikan kepada beliau SAW melebihi semua
أَبـُوْهُ عَبْدُ اللهِ عَبْدُ الْمُطَّلِـبْ ۝ وَهَاشِـمٌ عَبْدُ مَنَافٍ يَنْتَسِـبْ
Ayahnya bernama Abdullah putera Abdul Mutthalib, dan nasabnya bersambung kepada Hasyim putera Abdu Manaf
وَأُمُّـهُ آمِـنَةُ الـزُّهْــــــــــــرِيـَّهْ ۝ أَرْضَـعَتْهُ حَلِيْـــــمَـةُ السَّـعْدِيـَّهْ

Dan ibunya bernama Aminah Az-Zuhriyyah, yang menyusui beliau adalah Halimah As-Sa’diyyah
مَوْلـِدُهٗ بِمَـــــــــكَّـةَ اْلأَمِيْــنَهْ ۝ وَفَاتُـهُ بِـطَــــــيْـبَةَ الْـمَــــــدِيْنَهْ
Lahirnya di Makkah yang aman, dan wafatnya di Toiybah (Madinah)
أَتَـمَّ قَــــبْـلَ الْـــوَحْيِ أَرْبَعِيْنَا ۝ وَعُـــــمْـرُهٗ قَدْ جَـاوَزَ السِّـتِّيْنَا
Sebelum turun wahyu, nabi Muhammad telah sempurna berumur 40 tahun, dan usia beliau 60 tahun lebih
وَسَـــــــبْـعَةٌ أَوْلاَدُهُ فَمِـنْـهُمُ ۝ ثَلاثَـةٌ مِـنَ الذُّكـُـــــوْرِ تُـفْـــهَمُ
Ada 7 orang putera-puteri nabi Muhammad, diantara mereka 3 orang laki-laki, maka pahamilah itu
قَاسِمْ وَعَبْدُ اللهِ وَهْوَ الطَّيِّبُ ۝ وَطَاهِــــرٌ بِذَيْـنِ ذَا يُـلَـــــقَّبُ
Qasim dan Abdullah yang bergelar At-Thoyyib dan At-Thohir, dengan 2 sebutan inilah (At-Thoyyib dan At-Thohir) Abdullah diberi gelar
أَتَاهُ إبْرَاهِـــــيْـمُ مِنْ سُـــــرِّيـَّهْ ۝ فَأُمُّـــــــهُ مَارِيَّةُ الْـقِـبْـــــــطِـيَّـهْ
Anak yang ketiga bernama Ibrohim dari Sariyyah (Amat perempuan), ibunya (Ibrohim) bernama Mariyah Al-Qibtiyyah
وَغَيْـرُ إِبْرَاهِــيْمَ مِنْ خَـــــدِيْجَهْ ۝ هُمْ سِــــتَّـةٌ فَخُـــــذْ بِهِمْ وَلِـيْجَهْ
Selain Ibrohim, ibu putera-puteri Nabi Muhammad berasal dari Khodijah, mereka ada 6 orang (selain Ibrohim), maka kenalilah dengan penuh cinta
وَأَرْبَــعٌ مِـنَ اْلإِنَاثِ تُـذْكَــــــرُ ۝ رِضْــوَانُ رَبِّي لِلْجَمِــيْعِ يُذْكَــرُ
Dan 4 orang anak perempuan Nabi akan disebutkan, semoga keridhoan Allah untuk mereka semua
فَاطِـمَـةُ الزَّهْرَاءُ بَعْلُهَا عَلِيْ ۝ وَابْنَاهُمَا السِّـبْطَانِ فَضْلُهُمُ جَلِيْ
Fatimah Az-Zahro yang bersuamikan Ali bin Abi Tholib, dan kedua putera mereka (Hasan dan Husein) adalah cucu Nabi yang sudah jelas keutamaanya
فَزَيْـنَبٌ وَبَعْـــــدَهَـا رُقَـــــيَّهْ ۝ وَأُمُّ كُـلْـــــــثُـومٍ زَكَـتْ رَضِــــيَّهْ
Kemudian Zaenab dan selanjutnya Ruqayyah, dan Ummu Kultsum yang suci lagi diridhoi
عَنْ تِسْعِ نِسْوَةٍ وَفَاةُ الْمُصْطَفَى ۝ خُيِّـرْنَ فَاخْتَرْنَ النَّـبِيَّ الْمُقْتَفَى
Dari 9 istri Nabi ditinggalkan setelah wafatnya, mereka semua telah diminta memilih syurga atu dunia, maka mereka memilih nabi sebagai panutan
عَائِشَـــةٌ وَحَفْــصَـةٌ وَسَـــوْدَةُ ۝ صَـفِيَّـةٌ مَـيْــــــمُـوْنَةٌ وَ رَمْـــــلَةُ
Aisyah, Hafshah, dan Saudah, Shofiyyah, Maimunah, dan Romlah
حَمْـــزَةُ عَمُّـــــهٗ وعَـبَّاسٌ كَذَا ۝ عَمَّـــــتُـهٗ صَـــفِيَّـةٌ ذَاتُ احْـتِذَا
Hindun dan Zaenab, begitu pula Juwairiyyah, Bagi kaum Mu’minin mereka menjadi ibu-ibu yang diridhoi
هِنْدٌ وَ زَيْـنَبٌ كَذَا جُوَيـْرِيَهْ ۝ لِلْمُـؤْمِـنِيْنَ أُمَّــــــهَاتٌ مَرْضِـيَّهْ

Hamzah adalah Paman Nabi demikian pula ‘Abbas, Bibi Nabi adalah Shofiyyah yang mengikuti Nabi

PERISTIWA ISRA’ DAN MI’RAJ

وَقَبْـلَ هِجْـــــرَةِ النَّـبِيِّ اْلإِسْرَا ۝ مِـنْ مَـــكَّةَ لَيْلاً لِقُدْسٍ يُدْرٰى
Dan sebelum Nabi Hijrah (ke Madinah), terjadi peristiwa Isro’. Dari Makkah pada malam hari menuju Baitul Maqdis yang dapat dilihat
وَبَعْدَ إِسْـرَاءٍ عُرُوْجٌ لِلسَّـــمَا ۝ حَتَّى رَأَى النَّـــــبِيُّ رَبًّـا كَــــلَّمَا
Setelah Isro’ lalu Mi’roj (naik) keatas sehingga Nabi melihat Tuhan yang berkata-kata
مِنْ غَيْرِكَيْفٍ وَانْحِصَارٍ وَافْـتَرَضْ ۝ عَلَيْهِ خَمْسًا بَعْدَ خَمْسِيْنَ فَرَضْ
Berkata-kata tanpa bentuk dan ruang. Disinilah diwajibkan kepadanya (sholat) 5 waktu yang sebelumnya 50 waktu
وَبَـلَّـغَ اْلأُمَّـــــــــــــةَ بِاْلإِسْــــرَاءِ ۝ وَفَـرْضِ خَــــــمْـسَةٍ بِلاَ امْتِرَاءِ

Dan Nabi telah menyampaikan kepada umat peristiwa Isro’ tersebut. Dan kewajiban sholat 5 waktu tanpa keraguan
قَدْ فَازَ صِـدِّيْقٌ بِتَصْـــــدِيْقٍ لَهٗ ۝ وَبِالْعُــرُوْجِ الصِّـدْقُ وَافٰى أَهْلَهٗ

Sungguh beruntung sahabat Abubakar As-Shiddiq dengan membenarkan peristiwa tersebut, juga peristiwa Mi’raj yang sudah sepantasnya kebenaran itu disandang bagi pelaku Isro’ Mi’roj

PENUTUP

وَهٰــذِهٖ عَـــــقِيْـدَةٌ مُخْــــــــتَصَرَهْ ۝ وَلِلْــــــــعَـوَامِ سَــــهْـلَةٌ مُــيَسَّرَهْ
Inilah keterangan Aqidah secara ringkas bagi orang-orang awam yang mudah dan gampang
نَاظِــــمُ تِلْكَ أَحْـمَدُ الْمَـــرْزُوْقِيْ ۝ مَنْ يَنْتَمِي لِلصَّـادِقِ الْمَصْدُوْقِ
Yang di nadhomkan oleh Ahmad Al Marzuqi, seorang yang bernisbat kepada Nabi Muhammad (As-Shodiqul Mashduq)
وَ الْحَمْــــــدُ ِللهِ وَصَـلَّى سَـلَّمَا ۝ عَلَـى النَّبِيِّ خَـيْرِ مَنْ قَـدْ عَلَّـمَا
Dan segala puji bagi Allah serta Sholawat dan Salam tercurahkan kepada Nabi sebaik-baik orang yang telah mengajar
وَالْآلِ وَالصَّـحْبِ وَكُلِّ مُرْشِــدِ ۝ وَكُلِّ مَـنْ بِخَيْرِ هَــــدْيٍ يَقْتَدِيْ
Juga kepada keluarga dan sahabat serta orang yang memberi petunjuk dan orang yang mengikuti petunjuk
وَأَسْـأَلُ الْكَرِيْمَ إِخْلاَصَ الْعَمَلْ ۝ ونَفْعَ كُلِّ مَنْ بِهَا قَدِ اشْـــــتَغَلْ
Dan saya mohon kepada Allah yang Maha Pemurah keikhlasan dalam beramal dan manfaat bagi setiap orang yang berpegang teguh pada aqidah ini
أَبْــيَاتُهـَا (مَيْـزٌ) بِـعَدِّ الْجُـــــمَلِ ۝ تَارِيْخُـــهَا ( لِيْ حَيُّ غُرٍّ ) جُمَلِ
Nadhom ini ada 57 bait dengan hitungan abjad, tahun penulisannya 1258 Hijriah
سَـمَّيْــــــــتُهَا عَـقِـــــيْدَةَ الْعَوَامِ ۝ مِـنْ وَاجِبٍ فِي الدِّيْنِ بِالتَّــــمَامِ

Aku namakan aqidah ini Aqidatul Awwam, keterangan yang wajib diketahui dalam urusan agama dengan sempurna.

 

SEBAB DITULIS BAIT NADZAM AQIDATUL AWAM

Para ulama meriwayatkan dari nadzim (penyusun nadzam) Sayid Ahmad Al-Marzuqi Al-Maliki Al-Makki sebuah kisah menarik mengenai sebab penyusunan bait nadzam tersebut. Sebuah kisah yang tidak ada salahnya untuk diceritakan. Pada suatu ketika, dalam tidurnya nadzim bermimpi melihat Nabi Muhammad ﷺ. Sedangkan para sahabat berkumpul tidak jauh dari Beliau. Rasulullah ﷺ  pun berkata kepada nadzim: “Bacalah bait syair tentang tauhid yang siapapun menghafalnya akan masuk surga dan mencapai segala kebaikan yang diinginkannya. Dia iuga akan memperoleh semua kebaikan yang dikehendaki sesuai dengan kitab dan sunnah.” Maka nadzim pun bertanya: “apa itu wahai Rasulullah?” Kemudian para sahabat berkata kepada Nadzim “dengarkanIah apa yang akan dikatakan oleh Rasulullah ﷺ,Kemudian Rasulullah ﷺ berkata: “Bacalah: “Abda’u bismillaahi warrahmaani” (aku memulai dengan nama Allalu Dzat Yang Maha Pengasih). Maka nadzim pun berkata: “Abda’u bismillaahi utarrahmaani” dan seterusnya hingga akhir nadzam yang berbunyi:

وَصُحُـفُ الْخَــلِيْلِ وَالْكَلِـــيْمِ ۝ فِيْهَــــــا كَلاَمُ الْـحَــــــكَمِ الْعَلِــــيْمِ

Dan lembaran-lembaran (Shuhuf) suci yang diturunkan untuk AlKholil (Nabi Ibrohim) dan AlKaliim (Nabi Musa) mengandung Perkataan dari Yang Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui.

Rasulullah ﷺ pun mendengarkannya, ketika Nadzim bangun dari tidurnya ia membaca apa yang ada dalam mimpinya, ia hafal awal sampai akhir nadzam. Kemudian Nadzim bermimpi ketemu Nabi Muhammad ﷺ  kedua kalinya pada saat tengah malam. Beliau berkata kepada Nadzim: “bacalah apa yang telah engkau kumpulkan (dalam hati)!”, Nadzim pun membacanya dihadapan Nabi Muhammad ﷺ . sedangkan para sahabat Nabi Muhammad ﷺ juga berdiri mengitari Beliau sambil mebaca “Amiiin” setelah Nadzim selesai membaca bait demi bait nadzam. Maka ketika ia selesai membaca seluruh bait nadzam, Nabi Muhammad ﷺ berkata: “semoga Allah memberikan taufiq kepadamu dalam segala hal yang di ridhai-Nya dan juga menerimanya darimu. Semoga memberi keberkahan untukmu dan orang-orang yang beriman, dan semoga Allah menjadikan nadzam tersebut bermanfaat untuk hamba-hamba-Nya, amiiin.”

Nadzim sering ditanya setelah banyak orang mengetahui tentang perihal bait nadzam tersebut. Maka belia pun menjawab pertanyaan itu. Kemudian beliau menambahkan beberapa bait nadzam berbunyi:

وَكُـلُّ مَا أَتَى بِهِ الـرَّسُــوْلُ ۝ فَحَــــــــــقُّـهٗ التَّسْـلِـيْمُ وَالْقَــبُوْلُ
Dan segala apa-apa yang disampaikan oleh Rosulullah, maka kita wajib pasrah dan menerima.

Dan seterusnya hingga akhir kitab. Demikian, cerita yang diriwayatkan sendiri oleh penyusun. Kami hanyalah menukilnya secara tekstual. Sedangkan kebenarannya adalah tanggung jawab rawi yang menyampaikan.

 

 

Disarikan dari kitab: Jala’ul Afham syarah Aqidatul Awam

Karya: Prof. DR. As-Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani

Oleh: Muhammad Mahrus (ketua MWCNU Buduran)